Kronologi Kecelakaan Dahlan Iskan dan Info Mobil Listrik Tucuxi

Seperti apa spesifikasi mobil listrik Tucuxi dan sistem pengeremannya dan bagaimana kronologi kecelakaan Dahlan Iskan dengan kendaraan mahal ini? Seperti diketahui Meneg BUMN ini mempromosikan industri mobil listrik nasoinal dan karenanya membuat beberapa protoype. Yang paling dikenal publik sampai hari ini ada 2 versi yaitu versi city car yang dikembangkan oleh team Dasep Ahmadi untuk range harga 200 jutaan dan versi mewah (ala suiper car Ferrari) yang dikembangkan oleh Team Danet Suryatama dengan harga 1,5 Miliar.

kronologi kecelakaan dahlan iskan

Untuk mobil listrik Tucuxi dikabarkan prototype nya menghabiskan biaya 3 Miliar Rupiah dan telah dibeli oleh Dahlan Iskan. Memang untuk protoype biayanya lebih mahal dari harga yang akan ditawarkan bila telah diproduksi yaitu 1,5 M.

Spesifikasi Tucuxi

Adapun kemampuan mobil listrik tucixi setara mobil bensin 3500 cc sehingga dayanya memang cukup tinggi bahkan dikabarkan mampu menarik gerbong kereta api. Bertempat duduk 2 orang (sport car) dengan berat body 1112 Kg.

Ditenagai oleh batterai Lithium Iron Phosphate / Nano-Lithium dengan kemampuan mencapai 400 km sekali charge (sekitar 4 jam). Kecepatan max adalah 195 KM/jam dan bodynya terbuat dari Aramid carbon fiber composite.

Mobil Tuxuci ini dikerjakan oleh 2 team yaitu Danet Suryatama seorang lulusa ITS dan Univ di US, untuk selurh teknologi mobil listrinya dan uuntuk bodynya dikerjakan oleh team kupu-kupu malam Yogyakarta. Menurut Dahlan ada sedikit kesulitan pertemuan dengan Danet yang tinggal di Amerika (karena Danet mempunyai perusahaan mobil listrik di Amerika).

Setelah di serahkan pada bulan desember 2011 terjadi sedikit konflik antara Danet dan Dahlan Iskan karena Dahlan Iskan dan team membongkar lagi mobil tanpa spengetahuan Danet, sehingga Danet khawatir ada pelanggaran hak cipta yang sudah ia kembangkan sejak tahun 2004. menurut informasi pembongkaran dilakukan karena ada sedikit masalah dan mungkin tidak melibatkan Danet karena Danet ada di USA. menurut informasi salah satunya adalah penggantian/perbaikan electric vacum pump yang masih ada hubungannya dengan sistem pengereman mobil listrik.

mobil tucuxi

Kronologi Kecelakaan Dahlan Iskan

Sebelum terjadi kecelakaan di Magetan, dilakukan acara tolak bala di solo dengan beberapa kata-kata (mantra) dan disiram air dari 4 penjuru kota Solo. Kemudian mobil dikemudikan oleh Dahlan Iskan ke kampung halamannya. turut menyertainya adalah Ricky seorang ahli mobil listrik lulusan Jepang.

Menurut Dahlan sewaktu naik dari Solo ke Tawangmangu pada tanggal 5 Januari 2013, mobil tucuxi mampu menanjak dengan baik juga sewaktu melahap turunan dari Cemorosewu ke Sarangan rem berfungsi dengan baik. Tetapi ketika menuruni jalan di Plaosan rem tidak berfungsi dengan baik bahkan blong sehingga Dahlan memutuskan untuk menabrak tebing dari pada menimbulkan korban banyak. Setelah menabrak tebing dan tiang listri juga sebuah mobil minibus akhirnya mobil berhenti (Sekitar 30 meter sejak menabrak tebing), semua penumpang selamat bahkan Dahlan Iskan tidak luka sedikitpun.

kecelakaan dahlan iskan
Kronologi Kecelakaan Dahlan Iskan

Menurut Dahlan Iskan mungkin karena Ia boros dalam melakukan pengereman seingga kanvas Rem panas atau terbakar. Tetapi seharusnya pengereman mobil listrik lebih baik karena ada sistem electrical brake, dimana ketika pedal gas dibuka maka ada sistem yang akan membuat motor listrik melakukan semacam pengereman. Entah sistemnya tidak bekerja, atau systemnya rusak atau karena ada masalah penggantian electrical vacum pump sebelumnya.

Dalam keterangan persnya Dahlan Iskan juga mengatakan bahwa mobil tucuxi ini tidak menggunakan gear box sehingga pengereman hnaya mengandalkan Kanvas rem yang kemudian panas dan memuai sehingga tidak mencengkram kuat. Masih belum jelas apakah pada mobil listrik motor listrik tidak bisa melakukan pengereman yang efisien seperti engine break pada mobil BBM. Sementara pada mobil listrik citi car ahmadi (karya Dasep ahmadi) dilengkapi dengan gear box sehingga dapat membantu pengereman pada jalan menurun. Menurut siaran pers nya tidak digunakannya gear box pada tucuxi untuk menghemat daya listrik tetapi tetapi ternyata kurang baik pada sistem pengereman.

video mobil tucuxi

Menurut Informasi mobil Tucuxi ini juga belum di uji kelayakan oleh Dephub dan masalah nomor polisi DI 19 juga masih dalam penyelidikan yang berwenang, menurut Dahlan iskan itu bukanlah nopol tetapi accessories karena belum ada aturan untuk mobil listrik. Salah satu pelajaran adalah kecelakaan terjadi malah setelah acara ruwatan tolak bala, bisa saja acara semacam ini membuat orang tidak terlalu waspada bila sudah terlalu percaya dengan acara ruwatan menolak bala. seharusnya semua permohonan perlindungan selalu di sandarkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi Dahlan Iskan sudah klarifikasi bahwa acara itu dilakukan tanpa sepengetahuannya.
Lihat juga Honda Medan  dan Honda Palembang
Demikian informasi kronologi kecelakaan Dahlan Iskan dan informasi tentang mobil listrik Tucuxi, sumber dari berbagai media nasional.


Terima kasih untuk Like/comment FB :